The Chrysler Turbine Car Wallpaper

Posted on
(1963_Chrysler_gas_turbine_sedan)
(1963_Chrysler_gas_turbine_sedan)

Chrysler Turbine Car Wallpaper 1

Mobil Turbin Chrysler adalah mobil yang didukung oleh mesin turbin yang diproduksi oleh Chrysler dari tahun 1962 sampai 1964. Tubuhnya dibuat oleh studio desain Italia Ghia, dan Chrysler menyelesaikan perakitannya di Detroit. Setelah pengujian dan program pengguna publik yang berlangsung dari bulan September 1964 sampai Januari 1966, mobil-mobil itu direklamasi oleh Chrysler; semua kecuali sembilan hancur.
Sebanyak 55 mobil dibangun: lima prototip dan mobil terbatas 50 unit untuk program pengguna. Sebagian besar dibatalkan pada akhir program; Chrysler menyimpan dua mobil, lima dipajang di museum di Amerika Serikat, dan dua di koleksi pribadi. Program turbin mesin Chrysler yang menghasilkan Mobil Turbin  dimulai pada akhir 1930an dan berakhir pada pertengahan 1970an.
Chrysler mulai meneliti mesin turbin pada akhir tahun 1930an, terutama dipimpin oleh insinyur eksekutif George Huebner; Huebner adalah bagian dari sekelompok insinyur yang mulai mengeksplorasi gagasan untuk menyalakan mobil dengan turbin setelah Perang Dunia II. Anggota tim riset Chrysler yang lain yang mengerjakan turbin otomotif termasuk rekan insinyur Bud Mann dan Sam B. Williams. Konsep tersebut menggelitik mereka, terutama karena mesin turbin memiliki bagian bergerak yang lebih sedikit daripada piston bertenaga diesel dan dapat berjalan pada berbagai bahan bakar. Menurut sejarawan Charles K. Hyde, pada pertengahan tahun 1950 Chrysler “memimpin dalam hal penelitian turbin gas” (walaupun General Motors dan Rover juga membangun mobil turbin operasional setelah Perang Dunia II).
Setelah memperbaiki desain turbin mereka, terutama dengan teknik regenerator untuk menyelesaikan masalah dengan pertukaran panas, upaya tim Chrysler mencapai kematangan awal saat mereka mengawetkan turbin ke stok New Plymouth 1954. Pemanasan dan pendinginan dan emisi dan knalpot merupakan salah satu tantangan teknik utama yang dihadapi mesin turbin. Chrysler menguji Belvedere, dengan mengklaim bahwa mesin turbinnya mengandung 20 persen bagian lebih sedikit dan beratnya 200 pound (91 kg) kurang dari mesin piston konvensional yang sebanding. Pada tanggal 16 Juni 1954, perusahaan tersebut secara terbuka meluncurkan Belvedere bertenaga turbin di Chelsea Proving Grounds-nya di Chelsea, Michigan di depan lebih dari 500 wartawan.
Chrysler meluncurkan mobil turbin berikutnya, sebuah Plymouth 1956, pada tanggal 23 Maret 1956; Huebner mengemudikannya sejauh 3.020 mil (4.860 km) dalam perjalanan empat hari dari New York City ke Los Angeles. Meskipun mobil itu dibayangi oleh konvoi mekanika 14 orang dengan bahan bakar dan suku cadang, mobil ini hanya memerlukan dua perbaikan kecil dalam perjalanan (yang tidak terkait dengan mesin). Kesuksesan perjalanan pantai ke pantai membuat Chrysler menggandakan ukuran program turbinnya dan memindahkannya dari Highland Park, Michigan, ke fasilitas yang lebih luas di Greenfield Road di Detroit.

Chrysler Turbine Car Wallpaper 2

1963_Chrysler_Turbine
1963_Chrysler_Turbine

Program ini mulai menghasilkan sejumlah aplikasi paten pada tahun 1957, yang sebagian besar disebabkan oleh sumbangan dari ahli metalurgi Amedee Roy dan insinyur Giovanni Savonuzzi. [19] Iterasi berikutnya dari mesin turbin Chrysler (mesin generasi kedua) ditempatkan di Plymouth 1959, yang rata-rata 19,4 mil per galon AS (12,1 L / 100 km; 23,3 mpg-imp) dalam perjalanan dari Detroit ke Woodbridge, New Jersey. [20] [21] Jarak tempuh ini jauh lebih tinggi dari pada 13 mpg-US (18 L / 100 km; 16 mpg-imp) yang diraih dengan turbin generasi pertama pada perjalanan New York-ke-Los Angeles tahun 1956.
Setelah Chrysler menamai mantan akuntan Lynn Townsend sebagai presiden barunya pada tahun 1961, perusahaan tersebut meluncurkan mesin turbin generasi ketiga berikutnya pada tanggal 28 Februari; CR2A adalah mesin turbin Chrysler pertama yang diberi nama resmi. Tidak seperti pendahulunya yang lebih eksperimental, CR2A dirancang dengan memperhatikan biaya dan metode produksi. Sementara mesin sedang dalam pengembangan pada bulan Mei 1960, Huebner mengatakan bahwa itu akan berfungsi sebagai konverter torsi sendiri, menghasilkan 140 tenaga kuda (100 kW), memiliki percepatan lag 1,5 detik (dibandingkan dengan sembilan detik untuk pendahulunya), dan menimbang 450 lb (200 kg) -150 lb (68 kg) kurang dari mesin piston berukuran sebanding.

Read Also  Cadillac Series 62 Seventh generation (1961–1964) Wallpaper

Turbin generasi ketiga dikawinkan dengan berbagai jenis kendaraan, termasuk truk Dodge 2,5 ton 1960 dan mobil konsep Chrysler Turboflite. Turbin CR2A yang disempurnakan dipasang ke Dodge Dart 1962 dan Plymouth Fury; Dart berangkat dari New York City ke Los Angeles pada bulan Desember 1961, dan Fury menyelesaikan sebuah perjalanan dari Los Angeles ke San Francisco pada bulan Januari 1962. Setelah Huebner tiba di Los Angeles bersama Dart, dia menghabiskan dua jam untuk memberikan wahana wartawan di mobil bertenaga turbin.
Chrysler telah melarang mobil turbinnya ke dealer di seluruh Amerika Utara, Eropa dan Meksiko pada bulan Februari 1962, mengunjungi 90 kota, memberikan wahana kepada hampir 14.000 orang, dan terlihat oleh jutaan lainnya. Program turbin generasi ketiga berakhir di Chicago Auto Show 1962 bulan itu, di mana perusahaan tersebut menampilkan armada bertenaga turbinnya. Sesaat sebelum pertunjukan, Chrysler mengumumkan mesin turbin generasi keempat yang akan diupdate untuk memasang 50-75 mobil yang akan dipinjamkan ke masyarakat tanpa biaya pada akhir tahun 1963, sebuah keputusan yang sebagian besar disebabkan oleh tanggapan masyarakat yang antusias terhadap tur barnstorming
Mobil itu didukung oleh mesin turbin empat generasi Chrysler yang keempat. Perbedaan yang paling menonjol dari pendahulunya, CR2A, adalah penggunaan regenerator kembar (satu dipasang di kedua sisi gasifier), bukan satu penukar panas penutup atas. Desain ini membantu trim A-831 40 pon (18 kg) dari berat CR2A, menguranginya menjadi cahaya seberat 410 pound (190 kg). Huebner menggambarkan turbin itu mirip dengan mesin jet, mencatat bahwa ia hanya memiliki satu busi dan sekitar 80 persen lebih sedikit daripada mesin piston otomotif biasa. Karena konstruksi mereka, mesin tidak memerlukan antibeku, sistem pendingin, radiator, bantalan, batang penghubung, atau poros engkol.
A-831 bisa beroperasi dengan bahan bakar diesel, bensin tanpa timbal, minyak tanah, dan bahan bakar jet JP-4; Namun, bensin bertimbal merusaknya. Menurut Chrysler, bisa membakar berbagai bahan bakar yang tidak biasa mulai dari minyak tungku dan parfum hingga kacang tanah dan minyak kedelai. Presiden Meksiko Adolfo López Mateos menjalankan salah satu mobil di tequila setelah para insinyur Chrysler memastikan bahwa hal itu akan dilakukan.

Chrysler Turbine Car Wallpaper 3

1963_Chrysler_Turbine_car
1963_Chrysler_Turbine_car

Mesinnya menghasilkan 130 hp (97 kW) dan melaju antara 18.000 dan 22.000 putaran per menit (rpm). Saat idle, knalpotnya tidak melebihi 180 ° F (82 ° C). Bila digerakkan pada kecepatan 120 mph (190 km / jam), turbin berlari maksimal 60.000 rpm. Ini menghasilkan 130 tenaga kuda rem (97 kW) pada 3.600 rpm, dengan torsi 425 pound-feet (576 N⋅m). Kompresor A-831 memiliki rasio tekanan 4: 1 dan efisiensi 80 persen; pembakarannya beroperasi pada efisiensi 95 persen.
Dibandingkan dengan mesin piston konvensional, mesin turbin umumnya membutuhkan perawatan lebih sedikit, bertahan lebih lama, dan mulai lebih mudah dalam kondisi dingin; A-831 dimulai dengan benar pada suhu serendah -20 ° F (-29 ° C). Mobil pertama yang menerima A-381 adalah Plymouth Fury. Dalam mobil turbin buatan Ghia ini, mesinnya memiliki waktu 0 sampai 60 mph (97 km / jam) sekitar 12 detik. Karena bahan eksotis dan toleransi ketat yang dibutuhkan untuk membangun mesin dan metode pengecoran investasi yang mereka gunakan, produk A-831 sangat mahal untuk diproduksi; Chrysler tidak pernah mengungkapkan biaya sebenarnya.
Mobil Turbin dirancang di studio Chrysler di bawah arahan Elwood Engel, yang bekerja untuk Ford Motor Company sebelum pindah ke Chrysler. Karena kemiripannya dengan Ford Thunderbird yang didesain Engel, mobil ini kadang disebut “Englebird”. Menurut Huebner, desain itu dimaksudkan untuk bersaing dengan Chevrolet Corvette selain Thunderbird.
Mayat mobil itu buatan tangan oleh studio desain Italia Ghia, yang telah membangun sejumlah mobil konsep untuk Chrysler (termasuk limusin Imperial dan Norseman). Badan Mobil Turbin yang sebagian besar dilengkapi, yang dirakit, dicat, dipangkas, dan dilapisi oleh Ghia di Italia, dikirim ke fasilitas turbin Greenfield Road Chrysler di Detroit untuk perakitan akhir; Ini terdiri dari pemasangan mesin turbin, transmisi TorqueFlite, kabel listrik, dan komponen seperti radio dan pemanas. Membangun mobil individu mungkin menghabiskan biaya sebesar $ 50.000 (setara dengan $ 386.000 pada tahun 2016) atau $ 55.000 (setara dengan $ 425.000 pada tahun 2016); Virgil Exner, Jr, memperkirakan bahwa jenazah itu sendiri berharga sekitar $ 20.000 (setara dengan $ 154.000 pada tahun 2016), walaupun Chrysler tidak pernah mengungkapkan biaya masing-masing mesin turbin.

Read Also  The Buick Riviera First Generation 1963-1965

Lima mobil pertama selesai pada awal 1962 sebagai prototip yang digunakan untuk pemecahan masalah; masing-masing sedikit berbeda dari yang lain, bervariasi dalam warna eksterior, pelapis interior, dan bahan atap. Masalah awal yang ditemukan dari prototip termasuk percepatan yang lamban (sebagian disebabkan oleh bodi hand-built yang relatif berat) dan getaran, yang pada akhirnya ditentukan disebabkan oleh tapak ban dan terlihat karena kelancaran yang tidak biasa dari mesin turbin.
Sebanyak 50 Mobil Turbin yang identik dibangun antara bulan Oktober 1963 dan Oktober 1964. Mereka semua adalah sebuah coupe hardtop dua pintu, dengan rem tenaga udara dan power steering. Mobil-mobil itu memiliki suspensi depan independen dengan pegas koil di setiap roda depan, menghindari sistem bar torsi longitudinal depan independen Chrysler yang independen (meskipun suspensi belakang mereka digunakan di pegas daun off-the-shelf). Keempat roda itu dilengkapi dengan rem drum power-assisted.

Chrysler Turbine Car Wallpaper 4

1963_Chrysler_Turbine_Coupe
1963_Chrysler_Turbine_Coupe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *